Tugas (IMK)
18.07
Soal
dan Jawaban Tentang Bab Interaksi Manusia dan Komputer
SOAL
1. Jelaskan
definisi Human Computer Interaction ( Interaksi Manusia dan Komputer )?
2. Jelaskan
perbedaan antara IMK dan User Interface!
3. Jelaskan
definisi Ergonomi itu?
4. Mengapa
faktor ergonomi dibutuhkan dalam interaksi manusia dan komputer?
5. Sebutkan
dan jelaskan bidang – bidang apa saja yang terlibat dalam IMK?
6. Apa
saja yang terlibat dalam IMK?
7. Sebenarnya
antarmuka apa yang diinginkan oleh user?
8. Jelaskan
tentang strategi yang dibutuhkan untuk pengembangan interaksi manusia dan
computer?
9. Sebutkan
dan jelaskan tentang sejarah perkembangan manusia dan computer?
10. Jelaskan
tentang hubungan manusia,komputer dan interaksi dalam IMK?
JAWABAN
1. Human
Computer Interaction (Interaksi Manusia dan Komputer ) merupakan komunikasi dua
arah antara pengguna (user) dengan sistem komputer yang saling mendukung untuk
mencapai suatu tujuan tertentu. ACM SIGCHI (1992) mendefinisikan interaksi
manusia dan komputer merupakan disiplin ilmu yang mempelajari desain, evaluasi,
implementasi dari sistem komputer interaktif untuk dipakai oleh manusia beserta
studi tentang faktor – faktor utama dalam lingkungan interaksi.
2. Perbedaan
antara IMK dan User Interface
a. Human
Computer Interaction (Interaksi Manusia dan Komputer ) merupakan ilmu yang
mempelajari tentang perancangan, evaluasi dan implementasi sistem komputer
interaktif untuk digunakan manusia, serta studi fenomena – fenomena besar yang
terkait dengannya.
b. User
Interface merupakan jembatan komunikasi yang menjembatani user dengan komputer
3. Egronomi
merupakan ilmu yang mempelajari mengenai sifat dan keterbatasan manusia yang
digunakan untuk merancang sistem kerja, sehingga sistem tersebut dapat bekerja
dengan baik. Dapat pula dikatakan bahwa aplikasi ilmu egronomi adalah bentuk kondisi
yang EASNR yaitu efektif, aman, sehat, nyaman dan efesien serta aspek fisik
yang mendukung dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman.
4. Faktor
egronomi di butuhkan dalam IMK karena manusia yang bekerja di depan komputer
memerlukan waktu yang lama. Misalkan bentuk keyboard, mouse, posisi duduk,dll.
5. Bidang
yang terlibat dalam IMK :
a.
Teknik Elektronika/Ilmu
Komputer
Bidang ini
membantu memahami perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan dalam
merancang interaksi manusia dan komputer.
b.
Psikologi
Bidang ini
memberikan pemahaman tentang sifat dan kebiasaan manusia yang berbeda – beda,
kemampuan kognitif dalam memecahkan masalah dan keterampilan motorik pengguna
yang beraneka ragam.
c.
Perancangan Garfis dan
Tipografi
Bidang ini
memberikan pemahaman tentang penggunaan rancangan grafis seperti gamabar akan
lebih bermakna dari pada teks/tulisan.
d.
Egronomi
Bidang ini
membahas tentang aspek fisik yang mendukung dalam menciptakan lingkungan kerja
yang nyaman.
e.
Antropologi
Bidang ini
memberikan pemahaman tentang cara kerja manusia yang kadang berkelompok baik
pada waktu dan tempat yang sama maupun berbeda.
f. Linguistik
Linguistik
merupakan ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Bidang ini membantu dalam
menciptakan suatu dialog yang diperlukan untuk komunikasi yang memadai antara
user dan komputer. Dialog ini biasanya menggunakan bahasa khusus seperti
(bahasa grafis, bahasa menu, bahasa perintah,dll).
g. Sosiologi
Bidang ini
memberikan pemahaman tentang pengaruh interaksi manusia dan komputer dengan
aspek sosial masyarakat.
h.
Rekaya Perangkat Lunak
Faktor ini yang
bisa menciptakan suatu program yang efektif, efesien serta user friendly.
i.
Kecerdasan Buatan
Bagian ilmu
komputer yang bertujuan agar komputer dapat melakukan pekerjaan sebaik yang
dilakukan manusia. Faktor ini berperan penting untuk menciptakan suatu sistem
yang handal, canggih dan menyerupai pola pikir manusia.
j.
Multimedia (graphic
design)
Multimedia
digunakan sebagai sarana dialog yang sangat efektif antara manusia dan
komputer. Dengan adanya multimedia ini, tampilan suatu sistem yang dibuat akan
lebih menarik dan lebih mudah dimengerti manusia.
6. Interaksi
disebut juga proses hubungan timbal balik diantara manusia (aktif) dengan
komputer (pasif). IMK merupakan perihal, tata bentuk, penilaian dan implementasi
sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan kajian fenomena yang
di dalamnya/interaksi antara pengguna dengan sistem. Komponen yang melibatkan
model interaksi diantara pengguna :
1. Pengguna
(manusia).
2. Sintem
(Mesin)
3. Interaksi
7. Antarmuka
yang diinginkan oleh user adalah :
1.
Efektifitas;
2.
Fleksibilitas;
3.
Kemudahan di pelajari;
4.
Sikap orang terhadap
sistem.
8. Strategi
yang di butuhkan untuk pengembangan IMK
1. Pengetahuan
tentang mekanisme fungsi manusia sebagai pengguna komputer.
2. Berbagi
informasi yang berhubungan dengan karakteristik dialog.
3. Pengguna
prototipe yang di dasarkan pada spesifikasi diaolog formal yang disusun secara
bersama – sama antara (calon) pengguna dan perancang sistem.
4. Teknik
evaluasi yang digunakan untuk mengevaluasi hasil proses prototipe yang telah di
lakukan.
9. Sejarah
interaksi manusia dan komputer dimulai pada tahun 1700-an dan 1800-an. Akan
tetapi barumenjadi sebuah teknologi pada tahun 1940-an dan 1950-an. Berikut
perkembangan sejarah interaksi manusia dan komputer:
1. Tahun
1950-an
Di tahun ini
antarmuka pada level hardware untuk teknik (ex.switch panel). Ditahun ini,mesin
sangat sulit digunakan dan tidak praktis di karenakan mesin komputer sangat
mahal dan besar.
2. Tahun
1960-1970-an
Di tahun ini
antarmuka pada level pemrograman (ex. COBOL,FORTRAN) dengan perkembangan
penggunaan teknologi ini secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru
kehidupan (pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaan,dll) dan
mempengaruhi perancangan sistem.
3. Tahun
1970-1990-an
Ditahun ini
mulai muncul isu teknik antarmuka pemakai (user interface). Antarmuka pada
level intruksi para peneliti akademis mengatakan suatu rancangan sistem yang
berorientasi kepada pemakai yang memperhatikan kapabilitas dan kelemahan
pemakai ataupun sistem (komputer) akan memberikan kontribusi kepada interaksi
manusia-komputer yang lebih baik.
4. Tahun
1980-an
Ditahun ini
diperkenalkan istilah Human-Computer Interaction (HCI) atau Interaksi Manusia
dan Komputer. Antarmuka pada level dialog interaksi (ex. GUI,Multimedia)
5. Tahun
1990-an
Antarmuka pada
level lingkungan kerja (ex. Sistem Network,Groupware)
6. Tahun
2000-an
Antarmuka
berkembang dengan luas (ex.mobile device,interactive screen).
10. Hubungan
antara manusia, komputer dan interaksi dalam IMK itu sendiri adalah serangkaian
proses dialog serta kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi
dengan komputer secara interaktif untuk dapat melaksanakan serta menyelesaikan
tugas yang diinginkan.
Soal
dan Jawaban Tentang Bab Faktor Manusia
1. Kombinasi
warna terbaik untuk latar belakang warna merah adalah
A. Biru,
hitam, hijau
B.
Kuning, putih, hitam
C. Putih, Biru, cyan
D. Merah, kuning, biru
2. Echotic
pada memori penyaring manusia digunakan untuk menerima rangsangan berupa
A. Sentuhan
B.
Penglihatan
C. Suara
D. Perasa
3. Kecepatan
kinerja yang tinggi, tingkat kesalahan yang rendah dan kepuasan yang tinggi
dapat dihasilkan jika :
A. pemakai
masih pemula sehingga tidak keberatan menunggu untuk waktu yang lama
B. Selalu
ada hiburan yag menarik perhatian pada setiap layer
C. Ada umpan balik yang jelas tentang kemajuan
ke arah solusi
D. Pemakai
sabar dan berlatar belakang budaya yang cenderung lamban
4. Sehubungan
dengan motivasi bagi faktor-faktor manusia dalam perancangan, manakah dari
pernyataan-pernyataan berikut yang harus diperhatikan oleh perusahaan yang
mengembangkan sistem pengendali lalu lintas udara :
A.
Biaya perlu ditekan
agar rendah, meski kehandalan sedikit dikorbankan
B.
Waktu pelatihan yang
lama tidak menjadi masalah asal kinerja pemakai cepat dan bebas kesalahan
C. Perancangan sistem sulit, perancangan harus
membuat sistem transparan sehingga pemakai mudah terserap dalam bidang bidang
tugasnya
D.
Kecepatan kinerja
penting tetapi kesalaha operator di toleransi
5. Dari
jenis pekerjaan mana yang memberikan beban paling besar pada tangan,
pergelangan tangan, jari jemari dan lengan?
A. memasukan data
B. pekerjaan
interaktif
C. akuisisi
data
D. pengolahan
kata
6.
Dari jenis pekerjaan
mana yang memberikan beban paling besar pada kognitif, persepsi yang tinggi
serta beban otot yang rendah?
A. memasukan
data
B. pekerjaan interaktif
C. akuisisi
data
D. pengolahan
kata
7. Dalam
perancangan antar muka pemakai, apa yang dapat kita lakukan untuk mengakomodasi
expert frequent user?
A. meningkatkan
kepercayaan diri dengan memudahkan pemakai melakukan task sederhana
B. sering
memberikan pertanyaan dan pesan-pesan berarti seperti “are you sure you want to
exit this program?”
C.
perlu melindungi pemakai dari kemungkinan kesalahan karena
coba-coba menjelajah sendiri
D. menyediakan
shortcuts, singkatan-singkatan,makro agar tugas dapat diselesaikan dengan lebih
cepat
0 komentar